NRA.MPL.10.576.0384.JGR Kambuna 2012

Tuesday 19 November 2013

Leang Kareta Pulau Tersembunyi di Kepulauan Selayar

14:32

Share it Please
pengambilan gambar dari atas bukit
Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan kabupaten yang memeliki banyak pulau-pulau kecil. Salah satu pulaunya yang saya kunjungi yaitu pulau Leang Kareta. Pulau ini sangat cantik dengan bentang pemandangan alamnya yang begitu indah. Menuju ke pulau Leang Kereta ini menggunakan perahu motor dari Dermaga Baru yang ada di Kab Selayar, Sulawesi Selatan.

Pulau ini termasuk pulau yang jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Hanya warga selayar saja yang biasa mengunjungi pulau ini ketika musim liburan tiba. Sebab masih jarang orang luar mengetahui keberadaan pulau indah ini. Orang-orang dari luar kabupaten kepulauan Selayar cuma hanya mengetahui keberadaan pulau Takabonerate saja.

Perjalanan ke pulau ini memakan waktu kurang lebih sekira satu jam-an. Perahu yang kami tumpangi melewati beberapa pulau kecil yang merupakan sebuah pulau perkampungan Nelayan. Ketika melintasi perkampungan nelayan tersebut. Dari jauh di atas perahu saya melihat rumah-rumah kecil bersusun rapi hingga ke atas bukit. Juga terlihat beberapa parahu nelayan yang sedang di parkir di tepi bibir pantainya.

Tepi bibir pantai dengan pasir putihnya
Bukit-bukitnya ditumbuhi pohon kelapa dan pohon pinus menambah hijaunya keindahan alam pulau tersebut. Selain itu, terlihat keramba para nelayan dengan jaring-jaringnya di sepanjang perairan dangkal tepi pantai.

saat tiba di pulau Leang Kareta
Tiba di pulau Leang Kareta. Bapak yang menjadi nahkoda, melempar jangkar ke dasar laut untuk menambat parahunya. Sayapun berdiri melihat-lihat kenidahan pulau yang cantik, indah molek seksi ini dari atas perahu yang mulai bersandar di bibir pantai.

Di tepi bibir pantai anda bisa bersantai bersama keluarga maupun sahabat anda sembari bermain-bermain dipasir putihnya yang kemilau. Tempat beristirahat bisa di bawah tebing yang rindang untuk berlindung dari terik panas matahari. 

Foto dari atas bukit dengan latar laut biru serta pasir putihnya
Selain itu ada jalan setapak menuju bukit-bukit yang ditumbuhi pohon pinus dengan melewati jalan setapak di sela-sela tebing. Untuk sekedar jalan-jalan memandangi keindahan pulau tersebut dari atas bukit.

Anda juga bisa mengambil gambar pemandangan dengan berfoto dari atas bukit tersebut. Pemandangan dengan latar laut yang biru serta pasir putihnya. Sungguh pulau ini sangat bersih namun tidak adan sumber air tawar yang memadai untuk membilas badan usai berenang.ataupun menyelam.

Semoga liburan anda kali ini juga bisa mengunjungi pulau Leang Kareta dengan keluarga maupun sahabat anda. Sangat disarankan juga bagi pecinta Diving yang ingin menjalejahi dasar lautnya. Bagi yang ingin sekedar snorkeling di pulau ini juga sangat cocok. Semoga liburan anda dapat tercapai dengan mengunjungi pulau ini. Salam Bahari...!!!